Tutorial Membuat Form Login Dengan Php dan Mysql

Salah satu fitur yang penting pada sebuah sistem adalah fitur untuk login, karena dengan fitur ini kita dapat dengan mudah membedakan siapa saja yang dapat mmelakukan login, mengubah data dan menyimpan data pribadi untuk masing-masing user.

Disini kita akan belajar bersama-sama bagaimana cara membuat form untuk login dengan menggunakan php dan mysql. Berikut ini video dan artikel mengenai cara membuat form login mengginakan PHP dan MySql

  1. Persiapan

Pertama-tama pastikan komputer kamu sudah terinstal xampp dengan phpmyadmin versi 4.7 keatas, jika belum bisa mengikuti step-step dari web xampp di https://www.apachefriends.org/index.html

Jika sudah, silahkan buka aplikasi xampp lalu nyalakan modul apache dan mysql.

Sebelum memulai membuat kode php, kita harus memiliki database yang berisikan password dan username yang akan digunakan untuk login.

Caranya adalah dengan mengetikkan pada browser url sebagai berikut : localhost/phpmyadmin

Setelah itu akan muncul halaman awal dari phpmyadmin

username dan password yang akan kita isikan pada from login nantinya adalah

username : pondokit

password : pondokit

Cara membuat database pada phpmyadmin adalah dengan mengklik New pada sidebar sebelah kiri dari phpmyadmin.

 

Pada kolom create database ketikkan nama dari dari database yang akan kita buat, isikan dengan nama pondokit

Selesai, sekarang kita memiliki sebuah database. Selanjutnya kita buat table yang berisikan username dan password yang akan kita gunakan untuk login.

Pada kolom create tables silahkan isi dengan nama user dan jumlah kolom 3

Isikan kolom-kolomnya dengan data sebagai berikut:

Setelah selesai klik save.

Kemudian isikan pada table yang ada, username dan password yang sudah kita tentukan sebelumnya yaitu pondokit dengan mengklik pada tab insert pada bagian atas.

Dengan ini kita sudah dapat login menggunakan php dengan mengisikan password dan email sesuai dengan yang sudah kita tentukan pada database.

  1. Menulis Script PHP

Pada bagian ini kita akan membuat file php berjumlah 3 buah yang akan digunakan untuk melakukan login. Perlu diingat bahwa file-file ini kita buat didalam folder xampp/htdocs/pondokit supaya kita dapat mengaksesnya menggunakan browser. Silahkan tulis script dibawah ini dan simpan filenya dengan nama yang sesuai.

  • Index.php

  • Koneksi.php

  • Proses-login.php

  1. Tes Form Login

Setelah menulis script diatas tentunya kita penasaran apakah yang kita tulis sudah benar, atau masih banyak errornya. Nah cara mengetahuinya adalah dengan mengetes langsung script yang telah kita buat tadi dengan menggunakan browser.

Caranya cukup mudah yaitu :

  1. Buka browser kamu dan ketikkan di address bar localhost/pondokit

Jika muncul tampilan seperti ini maka kodingan kamu sudah benar.

  1. Kemudian langkah selanjutnya adalah kita harus mengisi username dan password sesuai dengan apa yang sudah kita buat didatabase sebelumnya.

  1. Jika username dan password yang kalian masukkan sesuai dengan yang ada pada database, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

  1. Begitu juga sebaliknya jika kamu salah menginputkan data di form login tersebut maka akan muncul adalah seperti ini.

  1. Dan yang terakhir adalah, jika kalian mengosongkan atau tidak mengisi salah satu dari form input login tersebut maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Sekian tutorial yang dapat kami sampaikan, mudah bukan? Jika masih banyak error yang muncul, jangan berkecil hati. Insyaaallah dengan terus mencoba dan mencoba kamu menjadi semakin lancar dalam koding. Itu saja dari kami, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *