VIDEO TUTORIAL CORELDRAW: MEMBUAT DESAIN MEME FLAT ISLAMI SEDERHANA

Flat Design adalah desain yang sedang ngetrend. Kami pun suka dengan desain yang satu ini, selain karena mudah dibuat, jenis desain ini juga nyaman untuk dilihat. Sebenarnya ini adalah seni desain yang pernah populer ditahun 1940an yang berasal dari Swiss. Kami akan mencoba membuat tutorial sederhana Meme flat design. Semoga dapat bermanfaat ya 😀

Berikut ini adalah video tutorialnya:

Berikut ini penjelasannya dalam bentuk tulisan

  1. Pertama, kita buka aplikasi coreldraw terlebih dahulu, saya menggunakan versi x7, tidak mengapa bila teman menggunakan versi yang berbeda, karena pada dasarnya semua fiturnya sama saja. Langsung saja, Buka lembar kerjanya (CTRL+N). Kemudian atur Sizenya menjadi 300mm x 300mm (1:1).                                                                                        

  2. Buatlah beberapa persegi vertical dan horizontal dengan ukuran 1:1 , 1:2, dan 1:3 dan atur posisinya seperti gambar di bawah ini.                                        

  3. Ubah sudut dari kedua kotak paling atas menjadi Round corner.

  4. Copy – Paste dan perkecil kemudian posisikan di atas.        

  5. Buat empat persegi panjang dan posisikan agar berjauhan dan tampak seperti pilar.

  6. Copy – Paste lagi step 3 kemudian tempatkan diatas 4 persegi panjang.

  7. Buat persegi sempurna kemudian ubah sudut kiri bawah dan kanan atas menjadi round corner kemudian berikan rotasi 315 derajat. Berikan sedikit lengkungan menggunakan shapetool (F10) agar terlihat lebih bagus dan hapus node bagian bawah persegi dengan cara klik dua kali pada titik biru. Kemudian atur posisi dan ukurannya.                          

  8. Copy – Paste objek yang telah jadi pada step 7 dan ubah posisi dan ukurannya hingga tampak seperti gambar dibawah ini.                                                  

  9. Buat persegi panjang dan 2 lingkaran di mana 1 lingkaran ukurannya lebih kecil dan tempatkan posisinya seperti gambar.                                                               

  10. Kemudian Seleksi dua lingkaran tadi, dan pergi ke menu bar kemudian klik perintah “Simplify”, lalu delete lingkaran yang ukurannya lebih kecil, maka akan jadi gambar di bawah ini.

  11. Tambahkan bintang menggunakan arrow shapes tool kemudian pilih bentuk bintang.

  12. Mewarnai background dan objek-objek yang telah dibuat. Pilih warna sesuai keinginanmu, kamu juga bisa menggradiasikan. Atau dapat juga menggunakan warna-warna yang sudah tersedia di mesin pencari Google. Kemudian kita pindahkan dengan color Eyedropper Tool ke gambar yang telah kita buat tadi.

  13. Kemudian Copy – Paste dan dengan ukuran yang acak dan Powerclip kedalam objek background. Beri warna, gradiasi serta tranparansi agar lebih bagus.            

  14. Sisa kita tambahkan quotes dan jangan lupa bumbui dengan sedikit typography, untuk typography sendiri, kalian bisa belajar di link berikut “s.id/15mh”        

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *